Kamis, 18 Agustus 2016

Cara Mengatasi Mata Bintitan

Bintitan ! Ya, itulah yang biasa dikatakan masyarakat Indonesia ketika melihat benjolan kecil di sekitar kelopak mata. Jika Anda kebetulan mengalaminya, janganlah sepelekan hal itu. Kenapa? Benjolan tersebut bisa terasa menyakitkan bila dibiarkan berlarut-larut, demikian kata William Schaffner, M.D., seorang profesor kedokteran dan penyakit menular di Vanderbilt University School of Medicine.
Schaffner menambahkan, benjolan yang punya istilah kedokteran styes itu terjadi akibat staphylococcus aureus alias bakteri staph. “Biasanya, hal itu disebabkan karena tangan yang tidak higienis (karena menyentuh sesuatu yang berdebu), kemudian tanpa sadar Anda menggunakannya untuk menggosok mata” tambahnya.
Jika terjadi, pemeriksaan mata secara menyeluruh merupakan cara tepat untuk mengatasinya, ujar Lisa Park, M.D.  “Bagi Anda yang kerap terkena styes, pemeriksaan mata secara rutin juga wajib dilakukan” lanjut profesor klinis optalmologi di NYU Langone Medical Center ini.
Lantas, bagaimana cara sederhana untuk mengobati masalah kesehatan ini? Kata Lisa,”Masukkan air hangat ke dalam botol kemudian bungkus dengan handuk. Lalu, tekan kelopak mata Anda menggunakan botol tersebut. Setelah itu, oleskan krim antibiotik sesuai anjuran dokter”.
Sementara untuk mencegahnya, kedua ahli tadi menganjurkan agar Anda tak menyentuh mata dengan keadaan tangan yang kotor. “Perlu Anda ingat juga, styes tak bisa lenyap hanya dalam waktu semalam. Jadi, lakukanlah pengobatan styes beberapa hari sebelum Anda menghadapi acara-acara besar” tutup Lisa.(Sumber : http://www.terapisehat.com )

Cara Menyembuhkan Mata Bintitan dengan Cepat dan Alami

Namun, Anda bisa mencoba beberapa cara cepat mengobati bintitan dengan menggunakan bahan alami sehingga bintit pada mata Anda cepat hilang. Dibawah ini uraian lengkapnya!
1.) Menggunakan Air Hangat
Anda bisa menggunakan air hangat untuk mengobati bintitan. Kehangatan airnya lebih dari hangat kuku. Caranya cukup mudah, sediakan wadah untuk air hangat, kemudian gunakan handuk sebagai media untuk mengkompress bagian mata yang bintitan. Pastikan untuk menggunakan handuk yang bersih. Ada juga yang menambahkan garam pada air hangat dan menggunakannya sebagai kompressan pada bagian mata yang terkena bintitan. Air hangat berfungsi untuk merilekskan kelopak mata. Gunakan cara ini 3-4 kali sehari secara rutin biasanya dalam 3 hari bintitan akan mereda.
2.) Menggunakan Bawang Putih
Selain menggunakan air hangat, Anda juga bisa menggunakan air putih untuk menghilangkan bintitan. Caranya, haluskan bawang putih sampai halus, kemudian oleskan pada bagian yang terkena bintitan. Hati-hati saat mengoleskan, jangan sampai terkena mata karena bawang putih jika terkena mata akan terasa perih. Penggunaan bawang putih ini berfungsi untuk mencegah terjadinya adanya peradangan lebih lanjut.
3.) Mengobati Bintitan dengan daun sirih
Daun sirih dipercaya sebagai tanaman yang bisa dijadikan sebagai obat alami karena mengandung beberapa sifat anti-bakteri. Daun sirih bisa digunakan untuk mengatasi bintitan pada kelopak mata, yaitu dengan cara menggunakan air rebusan daun sirih untuk membersihkan kelopak mata yang terkena bintitan.
4.) Menggunakan Teh Celup
Bahan alami untuk mengobati bintitan lainnya yaitu dengan menggunakan teh celup, cara menggunakannya yaitu dengan menggunakan satu kantong teh celup yang telah digunakan untuk menyeduh teh. Kantong teh celup tersebut selanjutnya bisa digunakan untuk mengatasi mata bintitan, Caranya yaitu dengan menggunakan teh celup tersebut untuk meng-kompres bagian kelopak mata, cara ini bisa meredakan rasa sakit pada bintitan. Pastikan teh celup yang digunakan masih bersih.
Pengobatan Cara Lainnya :
5.) Menggunakan Obat Tetes Mata
Meskipun Obat Tetes Mata bukan merupakan cara yang alami, namun bisa menjadi alternatif tambahan selain menggunakan cara alami untuk meredakan bintitan. Anda bisa menggunakan obat tetes mata, caranya Anda bisa menggunakan beberapa tetes obat pada mata Anda atau sesuai anjuran dokter.
6.) Menggunakan Salep
Jika bintitan terasa cukup menggangu, anda bisa mengunjungi dokter atau tempat pelayanan kesehatan terdekat. Biasanya, dokter akan memberikan resep salep yang digunakan untuk mengobati mata bintitan. Setelah diberikan salep oleh dokter, silahkan gunakan sesuai dengan anjurannya.

Semoga artikel kesehatan tentang Cara Cepat Mengobati Mata Bintitan dengan Bahan Alami bermanfaat, untuk langkah pencegahan agar tidak terjadi infeksi berulang rajin-rajinlah untuk mencuci tangan dengan sabun sampai bersih dan usahan untuk tidak menggosok-gosok mata menggunakan tangan. Cepat Sembuh, dan Salam Sehat!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar